Rasanya Manis - Kasus hukum terus bermunculan.
Keluhan konsumen yang berujung ke ranah hukum kembali terjadi. Baru-baru ini curhatan Muhadkly MT alias Acho terhadap manajemen Apartemen Green Pramuka City di Jakarta berakhir di meja hukum. Bahkan Acho sudah ditetapkan sebagai tersangka.
Sebelumnya, pada tahun 2009 kasus hampir mirip menimpa Prita Mulyasari yang mengeluhkan pelayanan kesehatan RS Omni Internasional. Kasus Prita sempat ramai di media sosial, sampai ada gerakan koin untuk Prita.
Apa yang sebenarnya terjadi dengan dunia konsumen di Indonesia? Kebebasan berpendapat atau menyuarakan aspirasi lewat media sosial menjadi pintu masuk kasus ini berlanjut ke ranah hukum. Antara kasus yang menimpa Acho maupun Prita sama-sama berawal dari curhatan di media sosial, yakni mailing list dan blog.
Di Indonesia ada dua aturan yang sebenarnya sama-sama melindungi masyarakat. Yakni UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan UU Perlindungan Konsumen nomor 8 tahun 1999. Namun, dalam kasus keluhan konsumen biasanya pasal yang menjerat adalah UU ITE.
Hal ini merupakan masalah besar bagi pengguna media sosial. Yang mengkhawatirkan dari UU ITE adalah pasal 27 ayat (3) bunyinya “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”.
Data dari Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) mengatakan bahwa sepanjang 2016 ada lebih dari 200 laporan tentang pencemaran nama baik yang terkait dengan UU ITE.
Nah, bagaimana konsumen yang mengeluh malah bisa terjerat kasus? Ini beberapa alasan hal yang penting diketahui agar konsumen aman bermedia sosial.
Casino Online Resmi, Aman & Terpercaya Sejak 2014.
Terbukti Setiap Pembayaran Selalu Lancar.
Casino Pertama Di Indonesia Mempunya Dealer Asia & Eropa.
Costumer Service Online 24jam.
Bonus Deposit New Member 10%
Bonus Rollingan 0.7% Live Casino
Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Mengunjungi Livechat dan Langsung Berkonsultasi Dengan Customer Service 24jam kami
Yahoo Messenger : cs.surgacasino@yahoo.com
Blackberry Messanger : 29B5F63B
Livechat : Tersedia di website kami www.surgacasino.com
#casinoonline #agencasino #agenterpercaya #roulette #baccarat #blackjack #sicbodice #dragontiger #poker #slotgame #surgacasino
0 comments:
Post a Comment